Ketika kita ingin membuat Rumah pastinya sebelumnya kita membutuhkan Desain dan memilih Model rumah bagaimana yang akan kita buat, entah itu pilihan kita mau membuat model rumah Minimalis, model Rumah Klasik atau model rumah Industrial, yang pastinya sebelum menentukan model rumahnya kita harus tau hal apa saja yang harus kita lakukan untuk memilih, Di bawah ini ada Tips dalam memilih Desain dan Model rumah kita:

  1. Tentukan besarnya lahan rumah yang akan di bangun

Desain dan model rumah minimalis konsep dasarnya jelas tidak membutuhkan lahan yang banyak. Namun perlu diperhatikan bahwa lahan di depan dan belakang rumah juga penting untuk tempat bermain anak dan menjemur pakaian. Jika anda memilih rumah bergaya minimalis, usahakan di bagian depan atau belakang rumah terdapat space khusus sebagai tempat anak bermain. dan untuk mempermuddah kita dalam menentukan konsep Desain yang sesuai dengan lahan yang kita punya maka kita membutuhkan Jasa Arsitek yang sudah ahli di bidangnya

  1. Pastikan sirkulasi udara dan cahaya berjalan baik

Kadangkala kondisi rumah yang terlalu kecil dan sempit membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Anda bisa menyiasati hal ini dengan cara meninggikan atap rumah dan memberikan ventilasi pada setiap sudut atas rumah.

Sirkulasi udara yang berjalan dengan baik akan membuat rumah anda terasa sejuk dan nyaman untuk dihuni.

Namun perlu anda ketahui bahwa penggunaan ventilasi yang berlebih pada bagian atas rumah jika tidak dilakukan dengan baik akan membuat dampak buruk. Dampak buruk pertama adalah air hujan bisa masuk ke dalam rumah saat terjadi hujan disertai angin. Selain itu juga angin malam bisa membuat udara di dalam rumah semakin dingin.

  1. Pilih warna yang modern

Memilih desain rumah minimalis bisa melihat dari warna rumahnya, pastikan warna rumah minimalis yang anda terkesan modern dan sederhana. Jika perlu lakukan konsultasi dengan ahli desain interior untuk mendapatkan desain dengan warna terbaik untuk anda.

  1. Gunakan motif interior sederhana dan kecil

Pemilihan desain dan model rumah minimalis tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Mulai dari jumlah kamar yang akan digunakan, kesan tematik rumah yang diinginkan hingga kesukaan terhadap model bangunannya. Satu hal pasti, anda juga wajib memperhatikan jenis material bangunan yang digunakan agar mendapatkan kualitas bangunan terbaik.

  1. Mudah direnovasi untuk Pengembangan

Mengingat kondisi lahan yang terbatas maka dari itu pastikan desain arsitektur terutama untuk pondasi rumah dan kerangka dasar memenuhi standard minimal untuk pengembangan perluasan rumah dengan bangunan bertingkat.

Perencanaan ini akan sangat membantu Anda untuk menghidari pemborosan biaya yang mungkin timbul akibat pengembangan space dan area di masa yang akan datang.